Mengenal Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya



Hai, kembali lagi mimin bagi informasi untuk kalian yang belum tahu bagian - bagian perangkat keras komputer atau hardware komputer yang sering kalian gunakan tsb, kali ini mimin akan jelaskan semua bagian - bagiannya, simak sampai akhir ya,,

1. CPU
CPU adalah singkatan dari Central Prosesor Unit, yang didalamnya terdiri dari komponen-komponen yang utama untuk jalannya seperangkat komputer yang sudah mimin bagikan pada tulisan sebelumnya Mengenal Komponen dan Fungsinya

2. Monitor
Fungsi monitor untuk menampilkan video dan menampilkan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang di sebut VGA CARD. Monitor bentuknya biasanya tidak jauh seperti televisi.

Monitor merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan sebagai penampil output yang dihasilkan oleh CPU, dan monitor tidak dapat di pisahkan dari dalam penggunaan komputer.

Macam-macam Monitor:
  • Chatode Ray Tube (CRT) – Monitor jenis ini dirancang dari bahan tabung hampa sebagai layarnya dengan menggunakan media tabung sinar katoda. Orang menyebutnya dengan sebutan monitor tabung karena layarnya yang menonjol ke depan (cembung).
  • Liquid Cristal Display (LCD) – LCD telah mempergunakan teknologi sedikit lebih maju. Bentuknya terkesan datar karena menggunakan teknologi bernama flat panel display (monitor berlayar datar). Resolusi layar monitor LCD lebih tinggi ketimbang CRT.
  • Light Emitting Diode (LED) – memiliki ukuran dan bentuk yang lebih ramping dibanding LCD. Layar monitor jenis ini telah mengadopsi teknologi LED backlight yang lebih efisien ketika mengeluarkan cahaya. Dengan demikian, energi daya listrik layar monitor LED lebih kecil sehingga akan lebih menghemat pemakaian listrik.
  • Plasma – Monitor ini mempergunakan gas neon/xenon yang diletakkan di antara 2 lapisan plat kaca. Pada lapisan gas tersebut dialiri listrik sehingga akan bereaksi dengan memunculkan piksel.
3. Keyboard
Fungsi Keyboard adalah yang fungsi utama nya sebagai alat ketik dan bertugas untuk menampilkan angka, huruf, dan simbol pada layar monitor komputer Anda yang kemudian dicetak menjadi dokumen atau memang sengaja dibuat sebagai data digital di komputer.

Fungsi Keyboard berdasarkan tombol-tombolnya
  1. Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrolnya yaitu keyboard dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol ctrl digabungkan dengan E maka dapat membuka jendela explorer.
  2. Berdasarkan tombol fungsinya yaitu keyboard pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan f2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari f1-f12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
  3. Berdasarkan tombol alternatenya yaitu keyboard memiliki tombol seperti enter, esc, tab dan alt fungsi dari tombol tombol itu sangat berguna pada dokument dan pengoprasian komputer.
  4. Berdasarkan tombol navigasinya yaitu pada keyboard terdapat tombol Page Down yang fungsinya untuk menurunkan layar ke bawah. selanjutnya tombol Page Up yang fungsinya untuk menaikkan layar ke atas. selanjutnya tombol End yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir kalimatm, selanjutnya tombol home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat.dan tombol navigasi yaitu tumbol panah atas untuk ke atas,tombol panah bawah untuk kebawah,selanjutnya tombol panah kiri ke kiri, kemudian panah kanan ke kanan dan masih banyak fungsi lainnya.
4. Mouse
Fungsi Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer dan juga sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor. Mouse dihubungkan ke komputer bisa melalui Wireles atau kabel.
Jika menggunakan kabel biasanya dapat disambungkan melalui USB atau port PS2 sama seperti keyboard atau Scanner dan joystick dan lain-lain.
Fungsi Mouse secara umum antara lain :
  • Sebagai penggerak pointer baik itu klik atau drag and drop.
  • Memperbesar dan memperkecil tampilan.
  • Melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer.
  • Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  • Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi.
5. Scaner
Fungsi scaner untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda atau dokumen dan menyimpannya menjadi file digital di dalam komputer bisa ke bentuk file atau gambar, foto yang bisa di koneksikan melalui port USB pada komputer.

JENIS SCANNER
  1. Flatbed scanner : scanner ini berbentuk seukuran dengan kertas folio sehingga seperti mesin fotocopy dengan ukuran yang kecil.
  2. Handy scanner : scanner ini bentuknya postcard yang biasa kita jumpai pada supermarket atau minimarket karena biasanya digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang yang tertera pada barcode.
  3. Print Scan Copy (PSC) : merupakan perangkat yang mempunyai multifungsi diantaranya bisa digunakan sebagai scanner, bisa digunakan sebagai printer dan bisa digunakan untuk mesin fotocopy.
Jenis scanner menurut kegunaan dan cara kerjanya, yaitu:
  • scanner gambar
  • scanner barcode
  • scanner sinar-X
  • scanner cek
  • scanner logam
  • scanner Optical Mark Reader (OMR)
  • scanner 3 Dimensi
Nah itulah perangkat keras komputer yang sering di gunakan oleh kita setiap hari, mudah mudahan mimin kedepannya dapat share lebig lanjut macam-macam speak komputer sesuai kebutuhan penggunanya, seperti komputer untuk tik, game, design grafis atau untuk kebutuhan lainnya.

Jangan lupa share ya kepada teman atau saudara kalian, siapa tahu butuh untuk lebih mengetahui nama beserta fungsi dari perangkat komputer,
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya yang sederhana ini, mohon kritik dan sarannya agar saya lebih giat belajar demi terciptanya blog yang produktif dan bermanfaat untuk semua. EmoticonEmoticon