Mengenal Komponen dan Fungsi Komputer

Pada kesempatan ini mimin akan membahas mengenai Komponen - Komponen  yang terdapat dalam Komputer Beserta FungsinnyaMengenal bagian dan Komponen Komputer, Salah satu hasil dari kecanggihan teknologi adalah komputer atau PC, Hampir Semua orang yang bekerja, siswa yang belajar di sekolah, atau anak yang bermain game di rumah sudah mengenal kata Komputer.
Komponen komputer di bagi menjadi 2 yaitu Hardware dan Software.


Pada artikel ini  akan dibahas Komponen - Komponen Komputer terdiri dari perangkat keras saja (hardware).

Ada banyak komponen yang terdapat dalam komputer, namun tahukah sobat komponen apa saja yang termasuk komponen utama dalam sebuah komputer ? Dan fungsinya apa ? . Untuk Menjawab pertanyaan tersebut maka sangat penting anda untuk membaca artikel ini.


Mengenal Lebih Dalam Komponen - Komponen Komputer Lengkap Dengan Fungsinya
Komponen - Komponen  Komputer

Mengenal Komponen - Komponen Komputer Lengkap Dengan Fungsinya

1. Motherboard / Mainboard
Motherboard (sering disebut juga dengan mainboard) adalah bagian perangkat keras komputer yang berupa papan, dimana perangkat keras motherboard ini adalah perangkat keras yang paling utama dan sangat penting karena berisi system BIOS (Basic Input Output System), pengatur koneksi input-output(chipset),  soket memori (RAM), Soket kartu grafis ( VGA Card), soket processor, dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).
Fungsi Motherboard adalah sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

2. Processor
Processor adalah komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengandali kerja komputer dengan bekerjasama dengan perangkat komputer lainnya , satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan processor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat menjalankan.
Fungsi Processor adalah memproses data yang diterima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer lainnya, terutama haddisk drive (HDD) dan RAM.
3. RAM
RAM ( Random Acces Memory ) adalah  tempat penyimpanan sementara pada saat komputer komputer di jalankan dan dapat di akses secara acak atau random.
Funsi Ram adalah untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu ( power on ) jika komputer kita mati, maka seluruh data yang tersimpan pada RAM akan hilang memori ini penyimpanannya bersifat sementara dan kapasitasnya juga tidak terlalu besar. 

4. VGA Card
VGA card ( Video Graphics Accelerator ) merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan sangat penting untuk menampilkan output proses ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Fungsi VGA card adalah untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit).

5. Harddisk Drive
Harddisk Drive disingkat HDD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
Fungsi Harddisk adalah sebagai penyimpan data secara permanen terutama sebagai penyimpanan sistem operasi dan bisa kita akses kapan saja kita mau. Kapasitasnya diukur dalam satuan Giga Byte.
6. CD ROM / Optical Drive
CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja.
Fungsi CD ROM adalah sebuah hardware yang hanya bisa membaca CD saja. selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalan sebuah OS (Operating System), game, atau software-software lainnya. atau melakukan booting pada saat masuk ke OS.

7. Power Supply 
Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
Fungsi Power Supply adalah menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer seperti hardisk, motherboard, DVD ROM, kipas dan komponen komputer lainnya.

8. Heatsink/Fan Processor
Heatsing adalah tindakan mengurangi atau mengilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kerja sebuah komputer.
Fungsi dari Heatsink adalah sebagai pendingin processor , jika sebuah processor yang tidak terdapat fannya maka komputer tersebut tidak akan bekerja dengan semestinya atau hal lain yang akan terjadi processor akan mati total. karena tidak kuat menahan panas.
9. Casing
Casing adalah bagian dalam komputer yang berfungsi sebagai pakain atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi.
Fungsi Casing adalah selain untuk pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. karena biasanya, modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlahnya lebih dari satu buah.

Sekian Postingan mimin mengenai Mengenal Komponen - Komponen Komputer Lengkap Dengan Fungsinya , Semoga bermanfaat bagi para pengunjung 
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya yang sederhana ini, mohon kritik dan sarannya agar saya lebih giat belajar demi terciptanya blog yang produktif dan bermanfaat untuk semua. EmoticonEmoticon